SELAMAT DATANG DI BLOG KULO "RUMAH IMPIAN VURQON ", MONGGO PINARAK!!! JANGAN LUPA ZA TEMAN - TEMAN TETAP BERBAGI ILMU WALAUPUN SATU AYAT!! MAN JADDA WA JADA,,

Minggu, 03 Februari 2013

Model Pembelajaran Take And Give



Pengertian Model Pembelajaran Take And Give
Istilah  take and give sering dikonotasikan orang dengan”saling member dan saling menerima”. Maka saling menerima dan member itu jugalah yang menjadi intisari dari model pembelajaran Take and give ini. Jadi model pengertian pembelajaran Take and give  ini adalah rangkaian penyajian data yang diawali dengan pemberian kartu kepada siswa yang didalam kartu itu sendiri ada catatan yang harus dikuasai atau dihafal oleh masing-masing siswa. Kemudian siswa mencari pasangan masing-masing untuk bertukar pengetahuan yang ada padanya sesuai dengan yang didapatnya dikartu, lalu kegiatan pembelajaran diakhiri dengan mengevaluasi siswa dengan menanyakan pengetahuan yang ada padanya dan yang dia terima dari pasangannya.
Dengan demikian komponen yang berperan penting dalam Model Pembelajaran Take and give ini adalah penguasaan materi melalui kartu, berpasangan dengan saling bertukar informasi, dan pengevaluasian yang bertujuan untuk mengetahui pengetahuan atau penguasaan siswa terhadap materi yang diberikan di dalam kartu dan kartu pasanganya.
Langkah-langkah Model Pembelajaran Take and give
1.       Guru mempersiapkan kartu yang akan digunakan dalam proses belajar mengajar
2.      Siapkan kelas sebagaimana mestinya
3.     Jelaskan materi sesuai dengan kompetensi yang ingin dicapai
4.    Untuk memantapkan penguasaan peserta didik, tiap peserta didik diberi masing-masing satu kartu untuk dipelajari atau dihafal.
5.   Semua peserta didik disuruh berdiri dan mencari pasangan untuk saling member informasi. Tiap peserta didik harus mencatat nama pasanganya pada kartu yang dipegangnya.
6.    Demikian seterusnya  sampai tiap peserta didik dapat saling member dan menerima materi masing-masing (take and give).
7.   Untuk mengevaluasi keberhasilan peserta didik berikan pertanyaan yang tidak sesuai dengan kartunya (kartu peserta didik yang lain).
8.       Model ini dapat dimodifikasi sesuai dengan keadaan.
9.       Kesimpulan
Kelebihan Model Pembelajaran Take and give
Adapun kelebihan dari model Model Pembelajaran Take and give adalah :
1.     Model pembelajaran ini tidak kaku, karena seorang guru boleh memodifikasi lagi penggunaan model pembelajaran ini sesuai dengan keinginan dam kebutuhan serta situasi pembelajaran.
2.   Materi akan terarah, karena guru terlebih dahulu menjabarkan uraian materi sebelum dibagikan kartu kepada siswa
3.       Melatih siswa untuk bekerja sama dan menghargai kemampuan orang lain
4.       Melatih siswa untuk beriteraksi secara baik dengan teman sekelasnya.
5.    Akan dapat memperdalam dan mempertajam pengetahuan siswa melalui kartu yang dibagikan kepadanya, sebab mau tidak mau harus menghafal dan paling tidak membaca materi yang diberikan kepadanya.
6. Dapat meningkatkan tanggung jawab siswa, sebab masing-masing siswa dimintai pertanggungjawaban atas kartu yang diberkan kepadanya.
Kekurangan Model Pembelajaran Take and give
Kekurangan atau kelemahan Model Pembelajaran Take and give adalah :
1.      Pada saat mencari pasangan akan terjadi ketidakteraturan karena ada siswa yang lari sana dan lari sini.
2.    Kemampuan siswa untuk menyampaikan materinya pada temanya kurang sesuai dengan apa yang diharapkan.
3.  Adanya siswa yang bertemu dengan pasanganya, bukanya membahas  materi pelajaran tetapi bercerita tentang masalah lain.
Sumber: 
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada

1 komentar:

  1. assalamualaikum...saya RIhan,,,,sebelumnya terimakasih atas Blognya yang menuliskan Tentang model Take and Give....klo boleh tahu menddapatkan buku istarani dmn ya?

    BalasHapus